Close

5 Skill Web Developer

5 Skill Web Developer

Apa yang harus dipelajari untuk menjadi web developer? Tentunya, Anda harus memahami tentang SEO, kemampuan HTML/CSS dan JavaScript, hingga menguasai berbagai bahasa pemrograman.

Lebih lengkapnya, beberapa skill web developer adalah::

1. Memiliki Kemampuan HTML/CSS dan JavaScript

Apapun jenis web developernya, tetaplah wajib untuk menguasai bahasa markup seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Sebab, adalah pondasi utama membuat halaman website. Kira-kira, ini penjelasan singkat masing-masing bahasa markup:

  • HTML: berfungsi untuk membangun struktur halaman web dan memasukkan konten ke halaman, seperti paragraf, heading, dan gambar.
  • CSS: diperlukan untuk menentukan tampilan teks, tombol, dan elemen lainnya pada halaman web.
  • JavaScript: digunakan untuk membuat konten yang berubah-ubah dan interaktif, seperti slider gambar, animasi, dan pop-up.

Kabar gembiranya, HTML/CSS dan JavaScript adalah bahasa markup yang paling mudah dipelajari daripada bahasa pemrograman lainnya.

Jadi kalau Anda mau mahir berbagai bahasa pemrograman, setidaknya pelajari dulu bahasa markup ini.

2. Mengetahui Cara Membuat Desain Mobile-Friendly

Salah satu indikator utama website berkualitas atau tidak bisa dilihat dari desainnya. Kalau desain website tidak mobile-friendly, kemungkinan besar performanya akan buruk dan bahkan merusak user experience.

Itu berarti, penting bagi web developer untuk mengetahui cara membuat website mobile-friendly. Sehingga, website bisa tampil oke di jenis device apapun.

3. Menguasai Bahasa Pemrograman Tertentu

Jika Anda ingin menjadi web developer yang mahir, tentu harus ada bahasa pemrograman yang Anda kuasai. Entah Python, SQL, Java, dsb.

Tidak harus semuanya, sah-saja saja kok untuk menguasai bahasa pemrograman tertentu. Sesuaikan saja dengan minat, jenis web developer, ataupun kebutuhan website yang Anda kerjakan.

4. Bisa Menggunakan Berbagai Tools Web Developer

Ada banyak tools yang web developer butuhkan untuk mengeksekusi bahasa pemrogaman ataupun memudahkan kinerja.

Misalnya saja, Github. Web developer membutuhkan website penyimpan dan pengelola kode ini agar kolaborasi pengerjaan project makin mudah. Selain itu, juga untuk mencegah perubahan code yang berpeluang merusak kode asli.

5. Mengerti Tentang SEO

Karena tujuan utama web developer adalah membuat website, artinya mereka wajib belajar SEO.

Dengan memahami search engine optimization, web developer bisa merancang situs sesuai kaidah SEO. Harapannya, website lebih berpotensi masuk ke halaman pertama Google hingga menjaring lebih banyak traffic.

Related Posts

Leave a Reply


Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/u7916838/public_html/domain/fajarrealty.com/wp-content/plugins/uwac/common/includes/class-uwac_useraccount.php on line 134
Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp
We usually reply in a few minutes
%d