Close

Manfaat Social Media Marketing Bagi Perusahaan

Banyak manfaat social media marketing yang bisa perusahaan dapatkan. Dengan strategi efektif, nilai penjualan bisnis Anda pun turut meningkat

Saat ini pemasaran media sosial hampir melampaui channel pemasaran tradisional. Perusahaan dari semua lini bisnis ada di media sosial sehingga area jangkauan pun dapat ditingkatkan.

Manfaat Social Media Marketing

Berikut ini beberapa manfaat yang perusahaan dapatkan ketika menggunakan social media marketing:

1. Tidak ada batasan geografis.

Batasan wilayah geografis kini bukanlah suatu hambatan untuk menjangkau pelanggan potensial Anda. Misalnya: jika Anda menjalankan bisnis di Jakarta, Anda dapat mempromosikan layanan Anda di Singapura, Jepang bahkan negara Eropa dengan mudah. Anda dapat dengan mudah menargetkan pelanggan potensial dengan kehadiran online.

2. Media sosial dan SEO berjalan beriringan.

Kini tidak cukup hanya mengandalkan SEO (optimasi mesin pencari) untuk peringkat yang lebih baik. Media sosial sangat penting untuk branding yang lebih baik, kredibilitas, dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan potensial. Pastikan untuk mengadopsi strategi untuk menentukan peringkat pada kata kunci khusus untuk niche Anda dan secara aktif memposting di platform media sosial.

3. Gunakan audiens yang ada sebagai bukti bagi pelanggan potensial.

Bahkan jika Anda memiliki desain terbaik dan pengalaman UI/UX yang unik, itu tidak akan secara otomatis menghasilkan lalu lintas tinggi. Hal yang sama berlaku untuk setiap bisnis karena orang biasanya akan mencari mereka yang memiliki banyak pengikut. Ini memberikan bukti sosial bagi pelanggan baru atau calon pelanggan untuk terlibat dengan produk atau layanan bisnis.

4. Tingkatkan penjualan dan dapatkan keuntungan yang lebih baik.

Dengan social media, kesempatan Anda untuk mengembangkan bisnis terbuka lebar. Kemungkinan besar juga nilai penjualan bisnis Anda turut naik. Tentunya hal ini mungkin terjadi jika Anda menerapkan strategi social media marketing yang efektif.

5. Dapatkan lebih banyak pengikut, jadilah influencer.

Dari merek hingga artis dan selebritas, mereka semua menggunakan media sosial secara luas. Dengan memanfaatkan platform sosial ini, mereka dapat meningkatkan otoritas dan jangkauan mereka, sehingga mendapatkan lebih banyak pengikut. Lebih banyak informasi berharga yang diposting dibagikan ke tingkat yang lebih besar oleh para pengikut, dan dengan demikian Anda menjadi pemberi pengaruh di industri Anda.

6. Mengurangi biaya pemasaran.

Organisasi bisnis mencoba mengurangi biaya pemasaran. Namun, salah satu manfaat media sosial untuk bisnis adalah dapat memberikan cara yang hemat biaya untuk mempromosikan merek dan meraih pelanggan potensial. Ada beberapa platform media sosial yang dapat digunakan perusahaan untuk berbagi konten tanpa biaya tambahan.

Di sisi lain, jika ada bisnis yang mencari solusi periklanan, platform media sosial menawarkan cara yang mulus untuk menargetkan audiens tertentu. Ini didasarkan pada demografi, minat, dan kata kunci yang dapat dimasukkan dalam kampanye iklan yang berbeda.

7. Kesempatan membuat brand Anda menjadi topik pembicaraan

Jika Anda memilih strategi branding yang efektif, Anda dapat melihat brand sebagai bagian dari pembicaraan umum. Dengan banyaknya orang yang terlibat dalam mendiskusikan produk dan layanan bisnis Anda tentunya ini akan memberikan umpan balik yang bagus untuk merek dan bertindak sebagai bukti audiens dari pelanggan yang sudah ada ke pelanggan baru untuk bergabung.

Dengan mengingat hal ini, perusahaan harus membagikan konten menarik yang terkait dengan mengajukan pertanyaan terbuka, berbagi umpan balik tentang produk tertentu, dan berjejaring dengan perusahaan lain.

8. Arahkan pelanggan ke situs web Anda.

Manfaat berikutnya yaitu berguna untuk mengarahkan pengikut atau pelanggan potensial Anda menuju website Anda. Supaya hasilnya maksimal, Anda harus menerapkan strategi SEO untuk traffic. Saluran media sosial seperti Instagram menyediakan aliran lalu lintas masuk yang beragam untuk situs web Anda, dan total lalu lintas adalah campuran dari SEO (pengoptimalan mesin pencarian) dan SMO.

9. Gunakan sebagai tool retargeting.

Tool retargeting berguna untuk mendapatkan pelanggan. Iklan memikat pelanggan ke berbagai penawaran. Penargetan ulang dapat mengarahkan pelanggan dari situs web lain karena mereka tetap berpegang pada rekomendasi, dan Anda dapat melihat produk dijual secara efisien. Itulah kekuatan media sosial.

10. Manfaatkan kampanye viral.

Anda pasti pernah mendengar tentang iklan viral yang beredar di sekitar Anda. Kampanye viral ini menggunakan tagar yang tetap populer selama bertahun-tahun, sehingga membawa pelanggan lebih dekat dengan merek Anda, mengunjungi situs web Anda, dan tetap terlibat.

Anda mendapatkan banyak perhatian, dan ini meningkatkan ROI (laba atas investasi) dengan membuat iklan menjadi viral bagi pelanggan. Terakhir, konten harus cukup baik untuk meninggalkan kesan jangka panjang pada pengguna.

11. Promosikan konten Anda dengan bijak.

Pentingnya pemasaran melalui media sosial terletak pada mempromosikan konten Anda dengan bijak. Seperti pepatah lama, “Konten adalah Raja,” dan itu mencakup aspek konten kreatif seperti judul, gambar, waktu posting, dan banyak lagi.

12. Gunakan A/B testing untuk mencapai hasil yang lebih signifikan.

Pengujian A/B adalah saat Anda menyajikan versi berbeda dari situs web atau blog yang sama ke berbagai kategori orang. Tapi di sini, dalam hal menggunakan media sosial untuk pemasaran, Anda menyajikan posting serupa kepada pengikut dan mendapatkan hasil konversi. Perusahaan dapat menggunakan tools A/B testing dan berupaya keras untuk melacak hasil terbaik yang bermanfaat bagi bisnis.

Itulah beberapa informasi mengenai Manfaat Social Media Marketing Bagi Perusahaan

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat desain dalam proyek digital, Anda dapat menggunakan perusahaan jasa layanan Digital Marketing yang terdapat di WDI.

Kunjungi website WDI sekarang untuk mencari perusahaan yang cocok untuk bisnis Anda.

Web Developer Indonesia menyediakan daftar perusahaan developer di Indonesia dengan beberapa kategori layanan, seperti web design, web development, mobile app developement, dan lain-lain.

WDI juga menyediakan daftar lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi. Anda dapat mengunjungi halaman karir WDI untuk mengetahui posisi apa saja yang sedang dibutuhkan.

Related Posts

Leave a Reply


Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/u7916838/public_html/domain/fajarrealty.com/wp-content/plugins/uwac/common/includes/class-uwac_useraccount.php on line 134
Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp
We usually reply in a few minutes
%d