Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack no longer supports Custom CSS. Read the WordPress.org documentation to learn how to apply custom styles to your site: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/u7916838/public_html/domain/fajarrealty.com/wp-includes/functions.php on line 6085
Browser Adalah: Pengertian dan Jenisnya - Fajar Realty
Close

Browser Adalah: Pengertian dan Jenisnya

Browser Adalah: Pengertian dan Jenisnya

Sekarang ini banyak pengguna gadget yang aktif berselancar mencari informasi apa saja yang ada di internet. Dan para pengguna tersebut pastinya sering menggunakan browser untuk berselancar di internet.

Browser adalah perangkat yang secara khusus fungsinya untuk mengakses website. Cara kerjanya juga cukup mudah. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang apa itu browser beserta cara kerjanya untuk pembaca. Selengkapnya simak di bawah

Apa itu Browser?

Browser adalah salah satu dari software yang ada di sistem operasi komputer yang mana digunakan untuk mengakses sebuah halaman informasi atau website yang ada di internet. Browser adalah software yang juga dapat digunakan sebagai penyaji data yang diperoleh dari internet.

Pada browser ada beberapa konten yang mencangkup visual, audio dan juga audio visual. Konten tersebut terhubung dengan adanya hyperlink dan diklasifikasi dengan menggunakan URL atau uniform resources identifiers.

Browser hadir pertama kali dengan nama World Wide Web yang dirancang oleh Tim Berners Lee pada dekade 90an. Browser adalah dasar dari pencarian informasi yang ada di seluruh dunia.

Lantas, apa perbedaan antara browser dengan mesin pencarian?

Browser adalah software yang telah terinstall di perangkat digital baik itu komputer, laptop maupun smartphone. Adapun mesin pencarian adalah sebuah platform pencarian yang ada di internet.

Browser adalah software yang digunakan untuk membuka halaman website, sedangkan mesin pencarian digunakan untuk menampilkan deretan tampilan website yang sesuai dengan kata yang dicari oleh pengguna mesin pencarian.

Mesin pencarian merupakan elemen dari browser karena objek informasi dapat diakses lewat adanya mesin pencarian yang ada dalam browser. Hal yang dijumpai saat ini adalah mesin pencarian telah terintegrasi menjadi browser sehingga dapat memudahkan bagi pengguna

Apa itu Web Browser?

Setelah mengetahui browser adalah perangkat yang digunakan untuk mengakses internet. Selanjutnya dijelaskan tentang web browser yang mana sekarang ini juga telah terintegrasi menjadi browser di sistem operasi komputer maupun smartphone.

Web browser adalah perangkat lunak yang fungsinya menampilkan deretan halaman website yang ada di internet. Web browser adalah software yang bekerja dengan cara mengambil informasi dari server tentang sebuah website yang nantinya akan dicocokan dengan kata kunci pencarian.

Pada suatu alamat website punya alamat yang unik untuk digunakan yang mana disebut dengan URL atau uniform resource locator. Pada saat pengguna internet mengetik sebuah halaman website atau kata kunci pencarian, maka web browser selanjutnya akan membawa pengguna internet kepada informasi yang dituju.

Web browser sendiri menemukan data dan informasi yang sesuai dari kata kunci pengguna melalui server. Selanjutnya server akan mengirim data yang dibutuhkan oleh web browser menggunakan HTTP atau hypertext transfer protocol.

Data yang telah dikirim tadi ditulis dalam bahasa HTML yang mana fungsinya menginformasikan kepada web browser di mana setiap elemen kata kunci ada pada website yang nantinya akan dituju.

Ketika data telah diterima oleh web browser, selanjutnya mesin pencarian akan mengolah data tersebut dengan menggunakan sotfware yang sering disebut dengan nama rendering engine. Hal tersebut untuk menerjemahkan data pada website menjadi gambar atau tulisan yang dapat dengan mudah ditangkap oleh pengguna internet.

Fungsi Mesin Pencarian atau Web Browser

Web browser punya peran penting untuk memudahkan pengguna dalam memperoleh data dan informasi dari internet. Beberapa fungsi lain dari mesin pencarian atau web browser antara lain:

Mencari data di internet

Internet seperti halnya dunia digital yang di dalamnya terdapat berbagai hal. Guna mendapatkan sesuatu yang dicari oleh pengguna, maka membutuhkan alat khusus berupa mesin pencarian.

Nah, manfaat adanya web browser ini adalah untuk memudahkan serta mempercepat proses informasi diperoleh. Tidak hanya itu, web browser juga masuk dalam bagian perangkat yang mudah digunakan, sehingga setiap pengguna internet dapat menggunakannya.

Baca Juga:  Perbedaan Linux VS Windows, Sistem Operasi Mana Pilihanmu?

Menampilkan file dengan kode ekstensi

Website pada prinsipnya punya kode pemrograman seperti PHP, JavaScript, HTML dan lain sebagainya. Bagi sebagian besar pengguna internet, kode tersebut cukup asing dan tidak mudah dipahami. Lewat adanya web browser, kode ekstensi tersebut diterjemahkan sehingga dapat ditampilkan dengan tampilan yang lebih ramah ke pengguna.

Melindungi perangkat

Web browser juga punya fungsi dalam rangka melindungi browser dari website yang berbahaya. Pada web browser ada prosedur yang berupa verifikasi untuk memastikan website tersebut aman untuk diakses oleh pengguna.

Hal itu diperlukan agar browser terhindar dari serangan malware ataupun cybercrime yang mana dapat mengganggu sistem pada browser ataupun sistem di komputer.

Jenis Web Browser

Ada beberapa web browser atau perangkat lunak pencarian yang dapat digunakan untuk mengakses website di internet. Bahkan beberapa ada yang menyediakan versi ringan atau lite agar tidak memenuhi memori di perangkat. Daftar perangkat lunak berikut digunakan sebagai browser adalah:

Google Chrome

Bagi sebagian besar orang pastinya tidak asing lagi dengan perangkat lunak Google Chrome ini. Penggunanya telah mencapai 81% dan menjadi yang paling populer di Indonesia. Hal ini tidak dipungkiri karena beberapa kelebihan dari Google Chrome ini.

Di mana kelebihan dari Google Chrome antara lain lebih aman ketika digunakan, proses loading yang lebih cepat, lebih nyaman dan elegan pada saat digunakan oleh pengguna.

Safari

Safari adalah browser yang dikembangkan oleh Apple Inch. Browser ini mulai dirilis di tahun 2003 untuk versi Desktop dan 2007 untuk yang versi mobile. Penggunanya cukup banyak khususnya di kalangan pengguna produk Apple seperti Mac Book dan Iphone.

Adapun kelebihan dari browser Safari ini adalah loadingnya yang cukup cepat karena adanya fitur khusus yakni Nitro Engine. Safari juga punya fitur berupa Cover Flow dan tampilan UI yang cukup menarik bagi pengguna internet.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox dapat dikatakan juga sebagai web browser yang paling tua. Ini karena web browser ini dikembangkan pertama kali di tahun 2002 oleh Mozilla Foundation. Browser ini dahulu menjadi browser andalan untuk mencari data dan informasi dari internet.

Baca Juga:  Visual Studio Code: Pengertian, Fitur, dan Keunggulannya

Ada beberapa kelebihan Firefox yang membuat browser ini jadi andalan, di antaranya terbebas dari iklan yang mengganggu proses pencarian data. Punya keamanan yang baik dengan adanya sistem keamanan lanjutan. Serta punya fitur khusus untuk membaca file PDF dengan menggunakan Reader View bagi pembaca yang mengakses file PDF.

Mozilla juga memiliki tab history alamat situs terdahulu dan juga punya banyak Adds On pada tampilan layar browsernya. Itulah mengapa browser ini cukup digemari dan jadi andalan para pengguna internet zaman dulu dan kini.

Kesimpulan

Demikian tadi informasi terkait browser yang mana browser adalah perangkat lunak untuk mengakses mesin pencarian dan website serta sebagai penyedia informasi dan juga data yang telah dihimpun dari internet untuk nantinya diproses menjadi data yang sistematis bagi pengguna internet.

Related Posts

Leave a Reply