Close

Apa itu Content Marketing? Yuk Kenali Lebih Jauh Lagi!

Apa itu Content Marketing? Yuk Kenali Lebih Jauh Lagi!

apa itu engagement

Banyak perusahaan yang gencar menjalankan promosi kreatif melalui konten. Baik yang sifatnya ringan dan menghibur, maupun yang edukatif dan bermanfaat. Inilah yang kemudian disebut sebagai content marketing.Apa itu content marketing, dan kenapa perusahaan besar di dunia menjalankannya?

Nah, artikel berikut akan mengajak Anda belajar digital marketing khususnya tentang berbagai contoh content marketing, tujuan dan strategi content marketing yang bisa Anda gunakan.

Apa itu Content Marketing?

content marketing adalah teknik pemasaran yang populer

Content marketing adalah teknik pemasaran online dengan mendistribusikan konten yang relevan dan konsisten kepada audiens.

Ketika menjalankan content marketing, Anda menyediakan konten yang bermanfaat bagi audiens untuk membantu mereka memecahkan masalah.

Berbeda dengan promosi secara umum, konten yang dibuat akan memberikan value ke audiens, alih-alih meminta mereka langsung membeli produk. Dengan strategi ini, Anda bisa membuat audiens berubah menjadi pelanggan Anda dengan hubungan yang baik.

Tentunya, content marketing dapat berjalan dengan baik berkat sejumlah elemen pendukung sebagai berikut:

  • Target Audiens yang Ditetapkan – Dalam content marketing, demografi target audiens harus ditetapkan. Seperti kelompok usia, lokasi, pekerjaan, dll. Dengan adanya data tersebut, pelaku content marketing dapat mengembangkan kampanye pemasaran konten yang efektif.
  • Memiliki Goals yang Jelas dan Terukur  – Tujuan promosi bisnis bukanlah sekedar mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan, tapi juga membangun brand awareness pelanggan dengan baik.
  • Keragaman Konten  – Pembuatan konten yang beragam akan menjangkau lebih banyak audiens. Misalnya, membuat konten blog untuk yang suka membaca, dan konten visual untuk pengguna  sosial media.
  • Konsisten – Distribusi konten pemasaran sebaiknya dilakukan secara konsisten, baik dari sisi waktu maupun pesan yang disampaikan. Hal ini bertujuan agar audiens kenal dengan brand dan produk yang ditawarkannya.
  • Penentuan Platform Pemasaran yang Tepat – Mengenali platform pemasaran yang tepat akan membuat konten promosi sampai ke audiens dengan baik. Contohnya, untuk produk yang menonjolkan visual, Instagram tentu lebih cocok dibandingkan Twitter.

Content marketing begitu penting untuk kesuksesan bisnis. Jika dianalogikan, content marketing adalah kakinya, dan bisnis adalah tubuhnya. Jadi, bisnis akan bisa mencapai tujuan yang diharapkan berkat content marketing yang terus berjalan.

Apa Sih Tujuan Content Marketing?

tujuan content marketing untuk menjangkau lebih banyak audiens

Setelah Anda mengetahui apa itu content marketing, Anda juga perlu mengetahui tujuan dari content marketing itu sendiri, yaitu:

1. Mendatangkan Banyak Pelanggan

Penerapan content marketing dapat mendatangkan banyak pelanggan. Karena, Anda mampu menjangkau lebih luas audiens dengan memanfaatkan berbagai platform pemasaran yang beragam

Contohnya, Anda bisa tengok perusahaan-perusahaan startup besar di IndonesiaSeperti Shopee, Tokopedia, dan Gojek yang gencar membuat content marketing, dan mampu menarik banyak pelanggan di Indonesia.

2. Untuk Investasi Jangka Panjang

Strategi content marketing merupakan langkah promosi yang mampu bertahan dalam waktu lebih lama. Contohnya artikel di blog bisa diakses oleh pembaca kapan saja, atau video di YouTube dapat menarik jumlah viewer yang makin meningkat.

Konten tersebut bisa terus dinikmati audiens dan berpotensi terus menarik banyak orang yang membutuhkan informasi yang diberikan.

3. Meningkatkan Kepercayaan Audiens

Kepercayaan audiens kepada brand tidak datang begitu saja, lho! Nah, salah satu membangun kepercayaan audiens adalah dengan content marketing.

Ketika Anda membuat konten yang memberikan manfaat kepada audiens, mereka akan menganggap Anda sebagai expert di bidang tersebut. Dengan begitu, mereka tak akan ragu untuk membeli produk-produk Anda

Contohnya, Niagahoster menerbitkan artikel di blog untuk membantu audiens lebih paham tentang website dan dunia online. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mempromosikan produk domain dan hosting murah yang terkait dengan kebutuhan online calon konsumen.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Content marketing yang menarik, akan meningkatkan brand awareness audiens.

Brand awareness adalah kemampuan audiens untuk langsung mengenali suatu brand hanya dengan melihat sesuatu, baik warna, logo, image, dan sebagainya.

Dengan konten-konten promosi yang menarik dan tersebar dimana-mana, para audiens akan memiliki pemahaman tentang brand tersebut. Misalnya, di setiap konten promosi brand, mereka ingat apa yang ditawarkan dan value apa yang melekat di brand tersebut.

5. Meningkatkan Traffic

Meningkatkan traffic bisa juga menjadi salah satu tujuan content marketing.

Dengan membuat konten-konten yang dibutuhkan audiens di berbagai platform akan membuat mereka tak segan untuk mengunjungi konten Anda. Pada akhirnya, traffic yang tinggi bisa membuat konten Anda makin dipercaya dan akan diprioritaskan oleh berbagai platform.

Sebagai contoh, blog yang memiliki traffic tinggi akan lebih diprioritaskan oleh mesin pencari. Konten video YouTube yang memiliki jumlah like dan viewers banyak akan lebih diprioritaskan untuk masuk ke halaman beranda.

Dengan kondisi tersebut, akan makin mudah menarik banyak orang untuk datang ke website Anda setelah melihat berbagai konten di platform yang digunakan.

Itulah poin-poin tujuan content marketing. Anda bisa menyadari bahwa content marketing sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis, bukan?.

Related Posts

Leave a Reply


Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/u7916838/public_html/domain/fajarrealty.com/wp-content/plugins/uwac/common/includes/class-uwac_useraccount.php on line 134
Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp
We usually reply in a few minutes
%d