Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack no longer supports Custom CSS. Read the WordPress.org documentation to learn how to apply custom styles to your site: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/u7916838/public_html/domain/fajarrealty.com/wp-includes/functions.php on line 6085
Berencana Membuat Website Sendiri? Yuk, Kenalan dengan VPS dan Web Hosting - Fajar Realty
Close

Berencana Membuat Website Sendiri? Yuk, Kenalan dengan VPS dan Web Hosting

Berencana Membuat Website Sendiri? Yuk, Kenalan dengan VPS dan Web Hosting

Internet dan manusia kini menjadi satu kesatuan yang sulit dipisahkan. Tak hanya memudahkan manusia untuk berkomunikasi atau mencari informasi, internet juga dapat menjadi sarana untuk memperoleh rezeki.

Misalnya, Kawan Puan yang ingin berbisnis. Membuat website sebagai tempat penjualan produk dapat menjadi permulaan. Website bisa menjangkau pasar yang lebih luas, tanpa terbatas pada lokasi geografis tertentu dibanding toko konvensional.

Selain itu, saat ini, pembuatan dan pemeliharaan website juga tidak memerlukan biaya yang tinggi seperti membuka toko fisik. Biaya pembuatan website dapat ditekan dengan menggunakan platform atau layanan pembuatan website yang murah atau gratis, seperti WordPress atau Wix.

Meski begitu, ada satu komponen penting yang perlu Kawan Puan persiapkan agar website bisa diakses banyak orang tanpa kendala. Komponen itu adalah tempat untuk menyimpan data-data website di internet.

Terdapat dua layanan yang bisa Kawan Puan gunakan, yakni Virtual Private Server (VPS) atau web hosting. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Kawan Puan perlu mengetahui mana yang cocok dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

Jika masih bingung, berikut Parapuan rangkum kelebihan dan kekurangan VPS dan web hosting.
Cara kerja. VPS adalah sebuah teknologi yang memungkinkan satu komputer dapat dibagi menjadi beberapa komputer virtual yang masing-masing dapat diatur dan digunakan secara terpisah. Setiap komputer virtual tersebut dapat memiliki sistem operasi sendiri.

Sementara itu, web hosting adalah layanan yang disediakan oleh penyedia jasa hosting untuk menyimpan aplikasi website pengguna dan menghubungkannya dengan nama domain sehingga website dapat diakses oleh pengguna di internet.

Fungsi VPS memiliki kapasitas untuk mengontrol dan mengelola seluruh komponen website agar berjalan baik dan aman.

Sementara, web hosting hanya berperan sebagai tempat untuk menyimpan website, sekaligus menjaga agar website tidak mengalami down ketika diakses oleh banyak orang.

Biaya Karena mampu memberikan akses yang lebih luas, layanan VPS umumnya dihargai lebih mahal dari biaya web hosting. Namun, rendah atau tingginya biaya dipengaruhi oleh besarnya source yang Kawan Puan gunakan.

Di sisi lain, biaya web hosting umumnya lebih terjangkau karena menggunakan Kawan Puan berbagi sumber daya server dengan banyak orang di shared hosting.

Hal ini membuat biaya per pengguna menjadi lebih rendah dibandingkan menggunakan VPS. Salah satunya, seperti biaya hosting DomaiNesia yang menawarkan harga mulai dari belasan ribu rupiah.

Keamanan Jika dibandingkan, VPS memiliki tingkat keamanan yang lebih unggul daripada web hosting, karena Kawan Puan bisa melakukan modifikasi terhadap konfigurasi keamanan secara mandiri.

Adapun kelemahan web hosting terletak pada risiko kehilangan atau pencurian data apabila Kawan Puan tidak menggunakan sandi dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Oleh sebab itu, penting untuk melihat track record penyedia web hosting sebelum berlangganan.

Kapasitas Layanan VPS memiliki kapasitas server yang lebih fleksibel karena pengguna bisa melakukan penambahan dan mengurangi kapasitas sesuai kebutuhan. Sementara, hosting memiliki keterbatasan dalam hal kapasitas, karena setiap jenis langganan memiliki kapasitas server berbeda-beda.

Performa, kustomisasi, dan fleksibilitas VPS masih lebih baik daripada web hosting dalam hal kecepatan. Ini karena VPS memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan dan mengatur server virtual mereka sendiri.

Meskipun web hosting juga memberi kebebasan untuk mengatur platform sendiri, VPS lebih fleksibel karena bisa menginstal berbagai software sesuai kebutuhan.

Selain itu, VPS juga lebih fleksibel daripada hosting dalam pengaturan kustomisasi. Dengan VPS, pengguna dapat memodifikasi segala sesuatu, bahkan dapat membuka akses root dan melakukan tindakan lainnya.

Sedangkan pada hosting, pengguna hanya dapat mengatur sedikit hal dan hanya terbatas pada platform yang tersedia saja.Kekurangan Di balik kelebihan dari layanan VPS dan hosting, terdapat beberapa kekurangan yang juga ikut memengaruhi kebutuhan.

Jika menggunakan VPS, Kawan Puan harus mempersiapkan diri dengan ilmu pengetahuan dasar mengenai penggunaan server Windows maupun Linux. Dari segi biaya juga tergolong mahal, apalagi jika memerlukan resource dengan kapasitas besar.

Web hosting juga punya beberapa kekurangan meski dari segi harga lebih murah dari VPS. Karena server digunakan secara gabungan, bahaya spam dari mailing list hosting sangat mungkin terjadi.

Solusi untuk mengantisipasi ini yaitu dengan tidak menggunakan web hosting murah. Terutama jika penggunaan hosting ini untuk kebutuhan perusahaan.

Untuk menentukan mana pilihan hosting yang terbaik untuk pemula, maka hal ini ditentukan berdasarkan kebutuhan dan bujet yang Kawan Puan miliki.

Apabila terkendala dengan bujet, ada baiknya Kawan Puan memilih web hosting sebagai pilihan utama.

Namun, jika tidak terkendala dana dan menginginkan layanan hosting dengan tingkat keamanan serta fleksibilitas yang tinggi, VPS adalah opsi terbaik.

Sebagai referensi, bisa menggunakan layanan VPS dari VPS DomaiNesia yang hadir dengan infrastruktur yang modern, serta dapat diakses dengan mudah dan cepat. Tim Support DomaiNesia juga siap membantu 24/7 jika Kawan Puan mengalami kendala.

Saat ini, DomaiNesia juga sedang mengadakan diskon harga hingga 40 persen untuk pelanggan baru. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi VPS DomaiNesia.

Kunjungi Website Kami :
www.fajarrealty.com

#website #teknologiweb #developer #javascript #lfl
#webdev #desainwebsite #desainweb #seo
#websitedevelopment #mengenalwebsite #websitedesign
#websiteservices #jeniswebsite #manfaatseo #output

Related Posts

Leave a Reply