Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack no longer supports Custom CSS. Read the WordPress.org documentation to learn how to apply custom styles to your site: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/u7916838/public_html/domain/fajarrealty.com/wp-includes/functions.php on line 6085
Apa itu Iklan Advertorial? - Fajar Realty
Close

Apa itu Iklan Advertorial?

Apa itu Iklan Advertorial?

Iklan advertorial produk atau jasa merupakan salah satu strategi pemasaran yang disampaikan lebih halus dibandingkan jenis iklan pada umumnya. Jenis pemasaran ini biasanya dapat ditemui di majalah, koran dan surat kabar.

Ini karena konsep iklan yang halus. Kamu jadi membutuhkan membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk membuat jenis advertorial ini.

Pasalnya, iklan akan dikemas dalam artikel berita dan membuat para pembaca tidak menyadari sedang membaca iklan.

Alih-alih ditulis seperti sebuah berita, informasi yang disampaikan masih seputar produk dan detail lain-lainnya. Agar bisa lebih memahami lagi, kamu bisa segera simak beberapa contoh berikut ini.

Dari pengertian di atas, daftar contoh advertorial produk menjadi penting agar kamu bisa lebih mudah membuatnya untuk bisnismu sendiri.

Ada beberapa contoh advertorial produk yang bisa kamu pelajari. Cek beberapa di antaranya berikut ini.

1. Contoh Advertorial Produk Makanan

Bagi kamu pencinta mie dan makanan pedas, wajib mencicipi makanan satu ini; yaitu Indomie Pedas Mampus. Dari namanya saja sudah terasa rasa pedasnya dan mulai membasahi area mulutmu. Kamu bisa mencicipi makanan tersebut dengan mengunjungi Warmindo Abang Adek yang beralamat di Jl. Mandala Utara No. 8, Tomang, Jakarta BaratSelain rasa pedas yang jadi jaminan, harga makanan pun sangat ramah dan bersahabat.

2. Contoh Advertorial Produk dari Telkom Group

Netflix merupakan salah satu layanan streaming hiburan yang menampilkan banyak film dan tayangan lainnya. Dalam 4 tahun belakangan ini, Netflix muncul sebagai raksasa baru dalam dunia hiburan perfilman. Namun, saat pertama kemunculannya, masyarakat Indonesia belum bisa mengaksesnya langsung. Tetapi saat ini, kita bisa mengakses Netflix dengan mudah melalui jaringan Telkom Group. Terobosan Telkom ini merupakan bagian dari komitmen dan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat Indonesia.  

3. Contoh Advertorial Produk Radio

Radio Trijaya Network mulai kedepannya akan berganti nama menjadi SINDO Radio Network. Perubahan brand ini dilakukan karena Radio Trijaya telah lama bergabung menjadi anak perusahaan PT MNC Radio Network, sekaligus sebagai momentum kemajuan industri media yang tengah terjadi di Indonesia. Perubahan ini tidak serta merta mengubah layanan yang ada di Radio Trijaya, masyarakat masih bisa mendengarkan siaran kesayangan di 104.6 FM. ”

Baca Juga: 7+ Contoh Iklan Makanan yang Menarik dan Unik

4. Contoh Advertorial Produk Minuman

Coca-Cola merupakan brand minuman multinasional yang produknya setiap hari kita minum. Mengusung tema minuman ready to drink dalam bentuk sodadengan pesatnya perkembangan minuman kopi di Indonesia Coca-Cola seakan tidak ingin ketinggalan. Dengan konsep ready to drink yang menjadi keunggulan Coca-Cola, dalam waktu dekat akan diluncurkan produk kopi ready to drink dari Coca-Cola. Kabar ini tentu membuat banyak masyarakat menantikannya.

5. Contoh Advertorial Produk Kecantikan

Banyak beraktivitas di luar membuat kulit wajah rawan mengalami gangguan, salah satunya yang paling sering mengancam kulit wajah dan kulit tubuh adalah sinar ultraviolet (UV). Agar kita tidak khawatir dalam berkegiatan di luar, Oriflame sebagai produk kecantikan di Indonesia, berkomitmen dalam setiap produknya untuk menjaga kulit masyarakat Indonesia agar terhindar dari UV.”

Selain beberapa contoh-contoh advertorial produk di atas, mungkin secara tidak langsung kamu juga pernah membaca advertorial iklan, tetapi kamu tidak menyadarinya.

Hal ini karena memang konsep dan tujuan dari advertorial iklan memang seperti menyamarkan pemasaran atau memberikan promosi secara halus.

Tips Membuat Advertorial Produk

Setelah kamu melihat beberapa contoh advertorial produk di atas, mungkin kamu sudah mulai paham tentang advertorial produk. Namun, pemahaman atas advertorial produk tidak dalam membuat kamu bisa membuatnya.

Kamu perlu tahu beberapa tips membuat advertorial produk, terutama bagi kamu yang menjalankan bisnis sendirian dan perlu membuat iklan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu perhatikan saat ingin membuat advertorial produk:

1. Buat Artikel yang Ringan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat membuat advertorial produk adalah format artikel itu sendiri. Gunakan format artikel yang ringan, hal ini tentu ada tujuannya.

Pertama agar iklan dan segala informasi tentang produk bisa diterima oleh konsumen dan pembaca dengan baik. Artikel ringan juga bertujuan agar konsumen dan pembaca bisa mencerna tawaran dari iklan dengan mudah.

Artikel yang rumit dan kompleks hanya akan membuat pembaca atau konsumen kebingungan, tujuan dari iklan produk pun akan gagal.

2. Gunakan Bahasa Editorial

Tips membuat advertorial produk selanjutnya adalah jangan sampai lupa untuk menggunakan bahasa editorial. Kendati format yang digunakan adalah artikel ringan, bukan berarti tidak menggunakan bahasa editorial.

Kelebihan menggunakan konsep bahasa ini adalah pembaca dan calon konsumen bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang keunggulan dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Tujuan utama penggunaan bahasa editorial dan advertorial produk adalah agar konsumen atau pembaca tidak menyadari sedang membaca iklan.

Baca Juga: Proses Desain Produk: Pengertian, Cara, dan Tips Sukses Melakukannya

3. Hindari Penggunaan Bahasa Pemasaran

Kendati iklan merupakan bagian dari pemasaran, namun dalam membuat kalimat advertorial usahakan jangan menggunakan bahasa pemasaran.

Karena konsep iklan advertorial adalah membuat konsumen merasa tidak sedang jadi sasaran sebuah produk.

Oleh karena itu hindari kalimat ajakan khas pemasaran seperti, “buruan beli sekarang juga, jangan sampai kehabisan,” atau “ingin memiliki kulit bersinar? Tunggu apa lagi, beli sekarang juga.”

Satu hal yang amat penting yang tidak boleh kamu abaikan adalah jangan sekali-kali mengutip pendapat atau komentar dari tokoh atau public figure. Hal tersebut akan memberikan kesan iklan advertorial sangat membosankan.

4. Hindari Bahasa Superlatif

Selain menghindari penggunaan kalimat pemasaran, kamu juga harus menghindari kalimat superlatif atau kalimat dengan gaya bahasa berlebihan.

Tentu saja hal tersebut dapat membuat pembaca merasa bosan dan malas untuk meneruskan membaca iklan. Kamu harus ingat bahwa konsep advertorial merupakan iklan yang membuat pembaca merasa sedang tidak membaca iklan.

Karena bahasa superlatif atau bahasa dengan gaya penyampaian yang berlebihan merupakan bahasa yang khas dengan pemasaran.

5. Pilih Media yang Tepat

Setelah kalimat advertorial selesai, iklan harus segera ditayangkan. Pemilihan media yang tepat merupakan aspek penting dalam tips membuat advertorial produk.

Setiap media memiliki pembaca setianya, kamu harus memilih media yang pembacanya sesuai dengan karakteristik konsumen sasaran produk atau jasa.

Persoalan pemilihan media juga amat sakral, karena kesuksesan penyebaran iklan advertorial akan bergantung pada media itu sendiri.

Kunjungi Website Kami :
www.fajarrealty.com

#website #teknologiweb #developer #javascript #lfl
#webdev #desainwebsite #desainweb #seo
#websitedevelopment #mengenalwebsite #websitedesign
#websiteservices #jeniswebsite #manfaatseo #output

Related Posts

Leave a Reply