Close

5 Manfaat Belajar tentang Pengembangan Website

5 Manfaat Belajar tentang Pengembangan Website

Pengembangan website atau yang biasa juga dikenal dengan istilah web development adalah sebuah proses mulai dari merancang, membangun, dan mengoptimasi sebuah website hingga bisa berjalan sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Apakah Quipperian tertarik dengan belajar pengembangan website?

Pengembangan website memulai babak baru sejak pertama kali website diciptakan pada tahun 1991. Pada saat awal diciptakan, website hanya digunakan untuk kalangan akademis dan tampilannya sederhana. Kini, pengembangan website kian berkembang seiring dengan tujuan penggunaannya yang variatif.

Dengan semakin banyaknya tujuan penggunaan website, memaksa para pengembang website atau web developer untuk menemukan script dan bahasa pemrograman yang bisa diaplikasikan untuk pengerjaan website dengan tujuan bermacam-macam. Dan setelah melalui perjalanan panjang, hingga saat ini kita bisa mengakses berbagai jenis website, mulai dari yang hanya sebatas landing page dengan integrasi gambar, kemudian ada website dengan integrasi video, bahkan sampai pada website yang bisa mengakomodir real-time test, dan lain sebagainya.

Munculnya berbagai jenis website tersebut dikarenakan saat ini dunia web development telah menjadi salah satu objek menjanjikan untuk  mendapat penghasilan yang bisa dibilang cukup besar lho! Sehingga pada beberapa waktu belakangan ini banyak orang yang mulai tertarik untuk mempelajari bidang ini. So, untuk lebih jelasnya tentang manfaat apa aja sih yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki ilmu di bidang pengembangan website, bisa kamu cek pada pembahasan berikut ya!

Manfaat Belajar Pengembangan Website

1.    Modal ilmu untuk berkarier sebagai web developer andal

Pada salah satu paragraf di atas kita udah sempat mention kan tentang web developer yang bekerja untuk membangun dan mengembangkan suatu website? Nah, pada poin ini kita pertegas kembali bahwa karier sebagai web developer itu memang memiliki peluang yang sangat besar pada saat ini. Kini, hampir seluruh bidang sudah bisa diintegrasikan dengan mekanisme digital sehingga orang-orang yang memiliki keahlian di bidang ini akan selalu dibutuhkan.

Dan sebagai tambahan informasi juga nih, bagi Quipperian yang ingin berkarier sebagai web developer, kamu bisa memilih karier ini sebagai full-time employee ataupun freelancer, kedua pilihan ini memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Kamu hanya tinggal menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kamu saat memutuskan untuk berkarier di bidang ini.

2.    Bisa bekerja dari rumah

Bagi kamu yang memimpikan untuk bisa tetap bekerja dan menghabiskan waktu di rumah aja, ini bisa jadi kabar baik untukmu! Bekerja sebagai web developer sangat mungkin untuk kamu mengerjakan semua task dari rumah selama bisa terhubung dengan jaringan internet. Dalam mengerjakan sebuah website, biasanya web developer ada yang bekerja sendiri dan ada yang tergabung dalam suatu tim dengan tugas masing-masing.

Namun, sekalipun bekerja bersama tim bukan berarti kamu tidak bisa bekerja dari rumah ya! Sudah cukup banyak pilihan tools saat ini yang memungkinkan untuk meeting ataupun diskusi bersama tim dalam jumlah besar sekalipun.

3.    Dapat membantu pihak-pihak yang membutuhkan digitalisasi

Saat ini pemerintah tengah serius untuk menggalakkan proses digitalisasi pada  berbagai aspek.Terlebih dengan kondisi pandemi yang membuat segalanya menjadi terbatas. Namun, peran dunia digital setidaknya memberi jalan keluar agar tiap-tiap sektor tetap bisa berjalan.

Bagi UMKM sendiri, upaya digitalisasi memang harus dilakukan untuk memperluas cakupan area pemasaran. Bahkan, batas-batas negara tidak lagi menjadi kendala yang berarti untuk memasarkan produk UMKM dan memudahkan proses transaksi sehingga mampu meningkatkan profit.

Lalu, di sektor pemerintahan juga sangat merasakan manfaat dari digitalisasi, salah satu yang paling terasa adalah bagian pelayanan publik. Misalnya, kalau zaman dulu, untuk mengurus dokumen kependudukan kita harus datang ke kantor-kantor pelayanan untuk melakukan pendaftaran, kemudian proses penyelesaian administrasi, lalu ada jeda waktu beberapa hari untuk proses verifikasi, baru setelah itu ada jadwal pengambilan dokumen.

Nah, kalau sekarang dengan skema digitalisasi prosesnya tidak serumit itu lagi, semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi atau mengunjungi situs terkait dan pengambilan dokumennya pun bisa datang sendiri atau diantar oleh kurir. Signifikan banget ya perbedaannya? Namun, itulah dampak dari proses digitalisasi dan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam pengembangan website sangat diperlukan untuk mendesain sistem yang dibutuhkan dan memastikan sistem tersebut bisa berjalan dengan baik.

4.    Dibutuhkan di mana-mana

Keterangan bahwa kemampuan web development itu dibutuhkan di mana-mana mungkin terkesan sedikit berlebihan ya, tapi realita yang ada sekarang hampir semua memberikan jawaban bahwa hal tersebut memang diperlukan. Ini menjadi peluang yang sangat baik untuk mengambil keputusan dan mempelajari bidang bidang web development.

Nggak ada kata terlambat Quipperian untuk mempelajari hal baru, yang paling penting adalah kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Kamu bisa lihat sendiri bukan bagaimana perkembangan dunia teknologi informasi saat ini?

Selain beberapa bidang yang kita bahas di poin sebelumnya, ada bidang-bidang lainnya yang ketika terdigitalisasi malah menjadi sesuatu yang yang lebih besar bahkan melampaui ekspektasi sebelumnya, sebut saja dunia transportasi dan jasa penjualan tiket. Kemudian ada hal-hal lain yang juga membuat kita lebih terbantu ketika terdigitalisasi misalnya kalau mau daftar kuliah, bayar tagihan, dan belanja juga jadi lebih mudah dan menyenangkan.

5.    Membuat startup sendiri

Manfaat berikutnya yang bisa kamu peroleh dengan belajar pengembangan website adalah kamu bisa membuat startup sendiri. Pastinya kamu sudah cukup familiar ya dengan istilah startupHmm, sepertinya ada yang sudah dan ada yang belum nih? Oke, sebelum kita bahas ini lebih lanjut, kita ingat bareng-bareng lagi definisi dari startup. Jadi, startup adalah perusahaan rintisan yang didirikan oleh satu atau beberapa orang untuk mengembangkan suatu produk atau layanan jasa tertentu yang disesuaikan dengan target pasar yang telah diriset sebelumnya dan dominan sistem yang digunakan adalah online. Sudah cukup jelas kan ya?

Lalu, karena sistem yang digunakan startup itu cenderung online, maka ilmu seorang web developer sangat dibutuhkan nih! Dengan kata lain, kamu bisa membangun startup sendiri jika kamu memiliki kemampuan dalam mengembangkan website. Selanjutnya untuk pengembangan sisi bisnisnya kamu bisa bekerja sama dengan teman yang kamu anggap mampu atau kamu bisa garap sendiri juga kalau kamu memiliki kemampuan dalam pengembangan bisnisnya.

Nah, dari lima poin yang sudah dijelaskan diatas pastinya kamu sudah memiliki gambaran yang cukup jelas ya seputar dunia pengembangan website? So, kamu tertarik untuk berkarier menjadi seorang web developer? Pastinya iya dong! Nah, untuk mempersiapkan diri menjadi seorang web developer, kamu perlu mengetahui ilmunya secara lengkap dan kamu bisa mempelajarinya.

ITTP memiliki Jurusan S1 Teknik Informatika dan untuk mendalami bidang pengembangan website kamu bisa memilih Program Studi Informatika. Struktur mata kuliah dan kurikulum yang dikembangkan di program studi ini disesuaikan perkembangan teknologi informasi yang ada, ditambah lagi dosen-dosen yang akan kamu temui di program ini juga semuanya nggak cuman “jago teori”, tetapi juga berpengalaman di bidang tersebut.

Dalam pengembangan website, selain ilmu utamanya kamu bisa dapatkan di Program Studi Informatika, ITTP juga memiliki program studi lainnya yang bisa kamu pilih untuk men-support hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan website, antara lain Sistem Informasi, Software Engineering, dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Di Prodi Sistem Informasi, kamu akan mempelajari bagaimana manajemen sistem yang baik dari suatu website dan pemrograman berbasis web. Kemudian, di Prodi Software Engineering kamu akan diajarkan seputar desain struktur web yang baik serta pengembangannya untuk menjadi sebuah web-app. Lalu, di Prodi DKV kamu bisa mempelajari bagaimana desain visual sebuah website yang eye catching dan dalam hal ini kamu akan berkolaborasi dengan tim UI/UX. Nah, gimana Quipperian? Seru ya mengulik tentang pengembangan website?

Related Posts

Leave a Reply


Notice: Trying to access array offset on value of type null in /home/u7916838/public_html/domain/fajarrealty.com/wp-content/plugins/uwac/common/includes/class-uwac_useraccount.php on line 134
Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp
We usually reply in a few minutes
%d bloggers like this: