Close

Simak! Begini Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual

Simak! Begini Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual

Lulusan Desain Komunikasi Visual memiliki peluang kerja yang luas, terutama di industri kreatif. Kamu bisa bekerja di agensi periklanan, konsultan branding, perusahaan penerbitan, pengembang website, humas di berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan, desainer produk komersil dan industri, kurator seni, sutradara, editor film dan video, animator dan seniman video, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa bekerja menjadi desainer lepas (freelance designer) yang dapat memasarkan karyanya ke mana saja. Desainer Komunikasi Visual saat ini masih lebih banyak dikenal dengan sebutan Desainer Grafis sebagai profesi. Selaku Desainer Grafis di bawah suatu perusahaan, kamu harus bisa memenuhi tuntutan perusahaan.

Sebagai salah satu cabang Ilmu Desain, Jurusan Desain Komunikasi Visual dituntut mahir menggambar dan dapat menghasilkan karya seni. Tak hanya itu, dengan memilih Jurusan DKV, kamu juga akan menguasai ilmu desain dari sudut pandang bisnis. Hal itu disebabkan karya yang dibuat memiliki tujuan khusus bagi perusahaan.

Dalam Jurusan DKV, ada tiga peminatan, yaitu Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia. Ketiga peminatan tersebut dapat kamu pilih sesuai tujuan karier dan passion-mu. Membahas perihal karier, ternyata Jurusan Desain Komunikasi Visual mempunyai beragam prospek karier, lho! Apa saja prospek karier Lulusan DKV?

1. Web designer

Mungkin sebagian dari kamu tertarik mendesain sebuah website untuk perusahaan ataupun agency. Lulusan desain komunikasi visual juga dapat menjadi seorang web designer.

Akan tetapi, tidak hanya keterampilan desain komunikasi visual saja, web designer juga harus menguasai keterampilan coding dan sebagainya.

2. Graphic designer

Menjadi graphic designer di berbagai perusahaan atau agency merupakan salah satu pilihan utama karier bagi lulusan desain komunikasi visual.

Saat ini, lapangan pekerjaan dari graphic designer terbilang cukup luas. Pasalnya, di era digital perusahaan butuh promosi dengan desain gambar yang bagus dan nyaman diliat.

Seorang graphic designer bertugas untuk membuat desain dengan memadukan warna, gambar, tipografi, dan sebagainya agar dapat memuaskan para pelanggan.

3. Illustrator

Profesi ini mungkin banyak diminati oleh banyak orang. Illustrator tidak akan jauh dengan yang namanya mendesain gambar.

Seorang illustrator biasanya bertugas menyediakan gambaran ilustrasi untuk menjelaskan atau menyampaikan pesan dalam bentuk gambar agar terlihat menarik. Misalnya gambar untuk cover novel, iklan, poster, dan sebagainya.

Tanggung jawab dari seorang illustrator terbilang cukup berat karena harus menyediakan gambar yang bagus sekaligus mengandung pesan yang ingin disampaikan.

4. Fotografer

Bagi Kamu lulusan DKV atau Desain komunikasi visual yang memang memiliki bakat tambahan di bidang fotografi. Maka, jadi seorang fotografer adalah pilihan yang bisa dicoba.

Kamu dapat mengedit maupun memperindah hasil jepretan dengan ilmu yang didapatkan selama kuliah. Gaji yang akan diperoleh sekitar 4 juta per projek.

5. Art director

Bagi kamu yang suka bekerja di berbagai media seperti majalah, koran, film atau bahkan dunia pertelevisian, tidak ada salahnya untuk meniti karier sebagai art director.

art director bertanggung jawab atas desain visual dan gambar di berbagai media seperti majalah, film, dan sebagainya.

Seorang art director akan menciptakan desain visual secara keseluruhan dalam satu proyek, mulai foto, video, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, ia juga harus mengarahkan orang lain untuk dapat mengembangkan layout atau artwork yang sudah ada.

Nah, apabila kamu tertarik untuk meniti karier sebagai art director, kamu bisa mempersiapkannya dari sekarang dengan mempelajarinya secara mendalam.

Pasalnya, posisi ini terbilang senior sehingga perlu pengalaman dan skill mumpuni untuk mencapainya.

6. Video editor

Desain komunikasi visual tidak hanya berbicara mengenai gambar. Seseorang dengan latar belakang jurusan tersebut juga dapat menjadi video editor.

Apabila kamu sudah tidak asing dengan tools editing video seperti Adobe Premier Pro, Final Cut Pro, dan lain-lain, tidak ada salahnya untuk menjadi seorang video editor.

Video editor mempunyai tanggung jawab untuk mengedit video agar terlihat menarik dengan visual yang bagus.

Tidak hanya gambar, video editor juga bertugas untuk menambahkan efek suara dan musik yang relevan dengan video.

Itu dia berbagai macam profesi yang dapat menjadi prospek kerja bagi mahasiswa desain komunikasi visual.

Terlepas dari semua itu, ada baiknya kamu tetap mempelajari berbagai macam skill yang dibutuhkan dari sekarang.

Tak hanya itu, kamu juga harus memiliki portofolio menarik agar banyak perusahaan yang melirik.

Begitulah sekilas informasi mengenai jurusan Desain Komunikasi Visual dan juga prospek kerja bagi lulusannya. Semoga bermanfaat

Related Posts

Leave a Reply