Close

Wajib Tahu, Ini Dia 3 Manfaat Pengembangan Website!

Pada saat awal diciptakan, website hanya digunakan untuk kalangan akademis dan tampilannya sederhana. Namun saat ini, website kian berkembang seiring dengan semakin variatifnya tujuan penggunaan yang diharapkan. Yaps, hasilnya seperti yang saat ini bisa kita nikmati, yakni mulai dari sebatas landing page, lalu ada juga yang terintegrasi dengan gambar, video, bahkan mampu mengakomodir real-time test, dan lain sebagainya.

Kini, pengembangan website telah menjadi salah satu ranah yang cukup menjanjikan untuk mendapat penghasilan yang bisa dibilang cukup besar! So, untuk lebih jelasnya tentang apa itu pengembangan website dan apa saja manfaat dari adanya pengembangan website ini, yuk, kita sama-sama simak pembahasan pada artikel ini.

Apa itu Pengembangan Website?

Pengembangan website atau web development adalah sebuah proses yang dimulai dari perancangan, pembangunan, dan pengoptimalisasian sebuah website sehingga dapat berjalan sesuai dengan fungsi yang direncanakan dan diharapkan.

Pekerjaan ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat tampilan website yang lebih apik, bekerja dengan cepat, memberikan user experience yang mulus. Melihat kini behavior dari user adalah menyukai kecepatan dan tampilan yang ciamik. Pengembangan website ini juga dilakukan bukan hanya dari sisi web design, tetapi juga untuk pengaturan keamanan jaringan untuk sisi pengguna.

Manfaat Belajar Pengembangan Website

1. Bisa bekerja remote

Dalam pekerjaannya, bisa dikatakan seorang web developer melakukan pekerjaannya dalam suatu tim dengan tugas masing-masing. Pekerjaan ini juga bisa mengerjakan semua pekerjaan dari rumah atau manapun selama bisa terhubung dengan jaringan internet. Hal ini juga didukung, karena sudah banyak pilihan tools yang memungkinkan pertemuan atau diskusi bersama dalam proses pengembangannya ini. Seperti Zoom sederhananya.

Makanya dengan belajar pengembangan website bisa saja kamu memiliki klien atau partner kerja dari luar kota bahkan luar negeri. Dan dengan kemudahan dunia yang serba digital saat ini kamu tidak akan kesulitan nantinya ketika bekerja.

2. Digitalisasi dibutuhkan oleh semua perusahaan

Saat ini, seluruh sektor industri mulai dari pemerintah hingga usaha mikro tengah serius untuk menggalakkan proses digitalisasi. Kehadiran digitalisasi membuat semua hal menjadi lebih mudah dan dibutuhkan pula website yang memudahkan untuk awareness hingga penjualan produk maupun jasa.

Situs ini nantinya akan mencakupi proses pendaftaran, penyelesaian administrasi, bahkan sampai bertransaksi. Hal inilah yang membuat kemampuan pengembangan website sangat diperlukan, karena saat ini seluruh aspek industri sudah ke arah digitalisasi.

3. High demand

Realitas yang terjadi saat ini adalah kemampuan web development itu dibutuhkan di mana-mana. Seluruh perusahaan kini mencari para pengembang web handal yang mampu mengakomodir kebutuhan perusahaan yang bergerak maju ke arah peta persaingan yang baru.

Seluruh aspek kini sudah mulai melek digital dan menganggap bahwa digitalisasi adalah harapan yang baru. Oleh sebab itu, tenaga para pengembang website sangat dibutuhkan sebut saja dunia transportasi dan jasa penjualan tiket. Kemudian ada hal-hal lain yang juga membuat kita lebih terbantu ketika terdigitalisasi misalnya ketika ingin daftar kuliah, membayar tagihan, dan berbelanja juga jauh lebih mudah.

Oh iya, pengembangan website adalah salah satu topik yang akan kamu pelajari jika berkuliah di jurusan Sistem Informasi, lho! Tak cuma itu, pengembangan website ini akan beririsan dengan mata kuliah lain yang ada di jurusan tersebut. Menarik banget kan?Jadi, web developer handal.

Related Posts

Leave a Reply